Skip to main content

Acer Iconia W4 : Berbagai Teknologi Terbaru Kini dalam Genggaman

Halo readers! Tulisan ini adalah tulisan pertama saya mengenai ulasan suatu gadget. Tulisan ini selain saya tujukan untuk berbagi informasi, juga saya tujukan untuk mengikuti Acer Iconia W4 #Techvolution Blog Contest. (Wish me luck!). Let’s check it out!


Meningkatnya aktivitas dan mobilitas masyarakat tentunya merupakan alasan utama dibutuhkannya suatu gadget dengan fitur-fitur yang mendukung kelancaran dalam berkomunikasi sekaligus mempermudah pekerjaan/tugas sehari-hari. Berbagai manfaat yang diberikan oleh suatu gadget tentunya akan berbanding lurus dengan kualitas hidup penggunanya karena adanya gadget yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya untuk menjalankan aktivitasnya. Oleh karena itulah, manfaat suatu gadget merupakan salah satu pertimbangan yang penting bagi masyarakat dalam memilih gadget yang tepat.
Salah satu jenis gadget yang kini mulai menjadi kebutuhan masyarakat adalah komputer tablet. Perkembangan teknologi telah membawa perubahan pada tujuan dan fungsi  penggunaan perangkat komputer tablet di kalangan masyarakat, yang mana awalnya digunakan sebatas untuk komunikasi melalui social media kini telah mulai digunakan sebagai perangkat yang ditujukan untuk kemudahaan dalam beraktivitas. Dari mulai hiburan (entertainment) yang berkualitas hingga menyelesaikan pekerjaan kantor kini mungkin dilakukan menggunakan komputer tablet. Selain itu, para pelajar dan mahasiswa pun kini dapat memanfaatkan komputer tablet untuk tujuan edukasi. Salah satu perangkat komputer tablet yang memenuhi kriteria tersebut dan pantas untuk dipertimbangkan adalah Acer Iconia W4.

Acer Iconia W4 merupakan generasi kedua tablet Windows 8 inci dari Acer dengan berbagai teknologi paling up-to-date saat ini. Diluncurkan di Indonesia pada 22 Januari 2014 yang lalu, Acer Iconia W4 merupakan tablet pertama yang hadir di Indonesia dengan dukungan prosesor Intel® Atom processor Z3740 up to 1.8 GHz Bay Trail, yang merupakan prosesor quad core terbaru dari Intel, serta mengusung sistem operasi berbasis Windows 8.1. Adanya dukungan teknologi prosesor Intel Atom terbaru tersebut memberikan performa yang tinggi dan daya tahan baterai yang lebih baik dibandingkan tablet lain dengan prosesor generasi sebelumnya. Sistem operasi Windows 8.1 juga memberi kelebihan tersendiri pada tablet ini. Windows 8.1 merupakan sistem operasi teranyar dari Windows dengan berbagai peningkatan dibandingkan sistem operasi Windows 8 sebelumnya seperti user interface yang lebih baik dan hadirnya kembali tombol start pada tampilan desktop untuk kemudahan penggunanya. Dengan sistem operasi Windows 8.1, Acer Iconia W4 dapat digunakan utnuk menjalankan aplikasi  mobile (seperti Instagram, Flipboard, dan 250 ribu aplikasi Windows 8.1) maupun aplikasi standar (seperti Office, Winamp, atau Photoshop). Untuk itu, Acer melengkapi paket pembelian Iconia W4 dengan Microsoft Office Home and Student 2013 full version tanpa biaya tambahan. Aplikasi ini meliputi Microsoft Word, Excel, PowerPoint, serta OneNote yang siap memenuhi kebutuhan penggunanya untuk aktivitas/pekerjaan sehari-hari. Duet teknologi terbaru (prosesor dan sistem operasi) yang dibenamkan dalam Iconia W4 memang sangat menggiurkan bagi pengguna tablet karena dengan dua teknologi tersebut tentunya akan memberikan pengalaman yang sebelumnya belum pernah ada pada perangkat komputer tablet mengingat Iconia W4 tergolong sebagai perangkat komputer tablet yang pertama kali hadir di Indonesia dengan mengusung kedua teknologi tersebut.

Bekerja dengan Iconia W4
Acer Iconia W4 diengkapi Microsoft Office Home and Student 2013
Sumber : Iconia W4 (acerid.com)

Tak hanya teknologi prosesor dan sistem operasi terbaru, Iconia W4 juga mengusung teknologi In Plane Switching (IPS) display dan Zero Air Gap touch pada layar tablet 8 inci ini. Dengan teknologi IPS display beresolusi 1280 x 800, layar 8 inci Iconia W4 tampil optimal karena layar tetap terlihat tajam dan terang ketika dilihat dari berbagai sudut pandangan, bahkan hingga sudut 170o sejajar dengan tablet ini karena teknologi IPS display memberikan viewing angle dan metode pencahayaan yang lebih baik. Sementara itu, teknologi Zero Air Gap merupakan teknologi yang mana dihilangkannya jarak antara touch site dengan LCD sehingga layar Iconia W4 mampu menampilkan kualitas gambar yang jernih dan tajam walaupun berada pada area luar ruangan karena teknologi ini dapat mengurangi refleksi cahaya pada layar Iconia W4. Dengan teknologi IPS display dan Zero Air Gap pada layar Iconia W4 tersebut, mengoperasikan sebuah perangkat tablet akan terasa lebih menarik dan menyenangkan dengan kualitas layar yang mumpuni.

Air Gap Iconia W4
Teknologi IPS display dan Zero Air Gap Pada Layar Acer Iconia W4
Sumber : Iconia W4 (acerid.com)


Berbagai teknologi yang dihadirkan pada Acer Iconia W4 tentunya akan sangat memberikan banyak manfaat dalam aktivitas atau perkerjaan sehari-hari bagi pengguna tablet ini. Para pekerja/karyawan kantor dapat memanfaatkan tablet ini untuk menjaga konektivitas selama bekerja sekaligus menyelesaikan tugas-tugas kantor, bahkan juga memperoleh hiburan melalui berbagai aplikasi entertainment yang tersedia pada tablet berbasis Windows 8.1 ini. Selain itu, kalangan pelajar juga dapat memanfaatkan tablet ini untuk tujuan edukasi dan mengerjakan tugas-tugas sekolah/kampus. Terlebih lagi, Acer menyediakan langsung bluetooth keyboard case pada paket pembelian Iconia W4. Dengan dilengkapi bluetooth keyboard tersebut, pengalaman untuk menjajal manfaat menggunakan Acer Iconia W4 pastinya akan lebih maksimal, karena selain difungsikan sebagai tablet, gadget ini juga sekaligus dapat difungsikan sebagai laptop yang tentunya dengan kenyamanan dan performa tinggi sejalan dengan berbagai macam teknologi yang dibenamkan dalam Acer Iconia W4.

Demikian ulasan saya mengenai teknologi pada Acer Iconia W4, untuk informasi lebih lengkap mengenai Acer Iconia W4 readers dapat mengunjungi situs Acer Indonesia (acerid.com).
Thank you and don’t forget to correct me if I’m wrong :D


Referensi :
  1. id.com/2014/02/acer-iconia-w4-performa-cepat-tablet-windows-08-inchi/
  2. http://windows.microsoft.com/en-us/windows-8/meet
  3. http://www.theverge.com/2013/10/17/4847636/acers-iconia-w4-tablet-specifications-release-date-price
  4. http://www.slashgear.com/acer-iconia-w4-tablet-official-as-acer-tries-8-inch-windows-8-again-17301739/

Popular posts from this blog

Interprofessional Education (IPE) dan Praktek Kolaborasi dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia

Made Rai Dwitya Wiradiputra, Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Udayana
Sistem Kesehatan Nasional (SKN) telah merumuskan salah satu tujuan pembangunan nasional yaitu tercapainya kemampuan hidup sehat.Sistem Kesehatan Nasional (SKN) 2009 yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia sebagai penyempurnaan dari SKN sebelumnya merupakan bentuk dan cara penyelenggaraan pembangunan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah bersama seluruh elemen bangsa dalam rangka untuk meningkatkan tercapainya pembangunan kesehatan dalam mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Derajat kesehatan masyarakat merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan nasional. Derajat kesehatan masyarakat adalah gambaran kemampuan kinerja petugas kesehatan untuk mencapai indikator kesehatan, antara lain umur harapan hidup, angka kematian, dan status gizi. Salah satu faktor pendukung dalam penyediaan pelayanan kesehatan yang berkualitas yaitu sumber daya kesehatan, yang diharapkan dapat…

SWAMEDIKASI TERAPI ANTITUSIF, EKSPEKTORAN, DAN MUKOLITIK

Halo kawan, tulisan saya ini bertujuan untuk memberikan informasi swamedikasi dengan pengobatan antitusif, ekspektoran, dan mukolitik. Selamat membaca J

Sebelumnya mungkin akan ada pertanyaan, swamedikasi itu apa sih? Swamedikasi adalah istilah lain dari pengobatan sendiri, yaitu suatuperawatan sendiri oleh masyarakatterhadap penyakit atau gejala yang umumdiderita, dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di pasaranatau obat keras yang bisa didapattanpa resep dokter dan diserahkanoleh Apoteker di apotek. Wah maksudnya bagaimana? Oke jadi intinya pengobatan sendiri itu adalah tindakan peerawatan terhadap suatu kondisi atau gejala penyakit yang dilakukan secara mandiri oleh seseorang dengan obat-obat yang dapat diperoleh di apotek tanpa resep dokter. Walaupun dilakukan secara mandiri, kita hendaknya memperoleh informasi yang benar dari tenaga kesehatan untuk melakukan swamedikasi ya kawan. Salah satu tenaga kesehatan terdekat yang bisa kita tanyakan untuk melakukan swamedikasi ada…

Perbedaan dan Hubungan Biosintesis Terpenoid Jalur Mevalonat (MVA) dan Non- Mevalonat (MEP)

Review JurnalOleh : Made Rai Dwitya Wiradiputra & I Gusti Ayu Nyoman Suastini(2013)Image source : http://plantphys.net
Semua terpenoid dihasilkan melalui biosintesis dua prekursor universal C5 yaitu IPP dan isomernya DMAPP. Terpenoid dibedakan menjadi beberapa kelompok berdasarkan jumlah unit C5 yang menyusunnya. Terdapat dua jalur biosintesis terpenoid berdasarkan pembentukan prekursor C5 IPP dan DMAPP yaitu jalur asam mevalonat dan non mevalonat.